Jumat, 19 Juni 2015

Kita Teman Kan?

Mengapa terkadang pertemanan itu menyulut api kecil menjadi besar?

Mengapa terkadang pertemanan itu membuat saling terluka?

Mengapa terkadang pertemanan itu menuntut untuk saling mengerti satu sama lain?

Mengapa terkadang pertemanan itu mengharuskan diri untuk mengalah karenanya?

Hai, itu cuma TERKADANG bukan? Karena pertemanan dan persahabatan itu tak akan manis dan tak akan bertambah manis tanpa cobaan.
Kapan kita belajar untuk menyelesaikan masalah walaupun hanya sepele? Kapan kita belajar untuk memaafkan dan mengobati luka? Kapan kita belajar mengahargai satu sama lain? Kapan kita belajar mengalah dan berpikir positif terhadap orang lain?

Mungkin hal hal kecil itu bisa dimulai dari pertemanan dan persahabatan. Bagaimana kita memahami teman kita, bagaimana kita menyelesaikan masalah antara teman kita, bagaimana kita memaafkan satu sama lain, bagaimana kita selalu berusaha berpikir positif tentang tindakan yang diambilnya. Dan segala hal.

Bagaimana kita mengerti dan memahami perasaan teman kita akan suatu hal. Bagaimana kita mengerti bahwa ia membutuhkan pengertian kita akan suatu hal yang benar-benar ia tak sukai.

Terkadang muncul sebuah pertanyaan, apakah sebuah pertengkaran itu bisa kuikhlaskan hanya karena hal yang sangat sepele namun itu menyangkut prinsipku? Hidup benar-benar harus memilih.

Tapi beberapa orang memilih, 'Biarlah pertengkaran itu terjadi. Karena aku tak mau kehilangan prinsipku. Biarlah dia mengerti bagaimana tegasnya aku dalam berprinsip. Aku yakin, jika dia teman yang baik, dia bisa mengerti keadaanku, memahami posisiku, dan menghargai prinsipku.'

Berbagai penjelasan mungkin diperlukan untuk menciptakan pengertian. Penjelasan yang berbuah perdamaian dan semakin manisnya persahabatan.

Hai, siapa yang betah berlama-lama berdiam dengan temannya? Siapa betah punya masalah dengan temannya? Apalagi jika orang itu sangat berarti untuknya.

Jika aku orang itu, aku jawab, aku tak akan betah di posisi itu. Bukankah lebih baik aku segera meminta maaf dan memberi penjelasan walaupun itu hanya tertulis? Yah, itu caraku.

Menghargai pertemanan itu indah. Jangan biarkan pertemanan itu rusak karena hal hal yang tidak seharusnya menjadi permasalahan. Semua masalah pasti ada jalannya. :)

Terima kasih teman  :) semuanya pasti akan lebih baik atas izinNya, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar