Minggu, 13 November 2016

Kecil Bangeeeeeetz

Suatu hari di ketinggian lebih dari 20 meter..

"Jeeh, liat itu mobil mobilnya kaya mainan waktu kita kecil ya"
"Iya ih. Ya Allah kecil banget ya"

Terkadang kita membutuhkan keadaan di mana kita bisa melihat diri kita itu sangat kecil dan sebenarnya bukan apa-apa jika dibanding dengan semua ciptaan Allah.

Hai, ini baru beberapa meter di atas permukaan tanah. Dari ketinggian ini saja kita bisa melihat bahwa apa saja yang berada di bawah sana seperti maket dan miniatur. Kecil. Bahkan tak terlihat.

Lalu bagaimana dengan diri kita? Yang sebenarnya hanya bagian kecil dari isi bumi ini. Sangaaaat kecil. Bahkan kita tidak terlihat di ketinggian tertentu. Tapi kenapa kita sering merasa besar? Tapi kenapa kita sering jumawa? Tapi kenapa kita sering menyombongkan diri?

"...Demikianlah dijadikan terasa indah bagi orang-orang yang melampaui batas apa yang mereka kerjakan." QS.Yunus:12

Salah satu sifat buruk manusia adalah merasa apa yang dikerjakannya adalah sesuatu yang baik dan indah.

Terkadang kita harus merenung dan menyadari betapa tidak berdayanya diri kita. Betapa lemahnya diri kita. Betapa banyak kekurangan yang kita miliki. Bagaimana kita sadar bahwa Allah yang Maha segala-galanya dan tidak pantas bagi kita untuk sombong dan merasa besar. Karena tanpa kuasa Allah kita tak akan mendapatkan apa yang sekarang kita dapatkan.

"Jeeeh. Coba ya liat. Ini baru Bandung loh. Sepersekiannya Bandung malahan kan."
"Iyaya. Kita bahkan gabisa liat Bandung dari ujung ke ujung ya, apalagi Indonesia, apalagi dunia."

Ingat, kita selalu memiliki keterbatasan yang kadang kita lupa untuk mengingatnya ada. Kita kadang ingin menguasai sesuatu yang sebenarnya kita memiliki keterbatasan untuk menguasainya. Kadang kita merasa bisa dan ingin selalu ingin memiliki segala hal tanpa adanya rasa puas. Padahal penglihatan kita ada batasnya, pendengaran kita ada batasnya, dan semua kemampuan kita ada batasnya.

"Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, karena manusia diciptakan bersifat lemah." QS.Annisa:28

Manusia memiliki kelemahan-kelemahan yang kadang tidak disadarinya.

Setiap manusia pasti memiliki kekurangan. Tidak ada manusia yang benar-benar sempurna. Dan karena itulah kita harus senantiasa bersyukur dan tidak lagi menyombongkan sesuatu yang kita miliki.

Namun, kekurangan itu tak boleh menjadikan kita selalu berputus asa dan tidak berusaha. Bukan itu poinnya. Karena sesungguhnya Allah selalu menilai usaha kita untuk menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar